Apa itu SSD ? Serta 10 Kelebihan Dibandingkan HDD

Hasil gambar untuk ssd
Apa itu SSD ?

Apa itu SSD ? Serta Kelebihan Dibandingkan HDD - SSD ( Solid State Drive ) merupakan media penyimpanan data penerus dari HDD ( Harddisk Drive ). 

Kenapa dikatakan penerus ? 

Karena pada awalnya HDD merupakan cakram keras yang dibuat sejak tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk perangkat pengolah transaksi IBM dan untuk penggunaan umum pada komputer mainframe maupun komputer mini

Seiring dengan perkembangan teknlogi yang semakin signifikan, maka dikembanglah media penyimpanan data baru yang dianggap lebih baik, cepat, dan poweful, yaitu SSD.

Menurut Wikipedia, SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan memori mantap atau memori tak gabar sebagai media, dan tidak menggunakan piringan magnetis seperti harddisk-konvensional. Bedanya dengan RAM, data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

Baca Juga :

Sejak tahun 2015, mayoritas SSD memakai NAND Flash Technology yang merupakan memori bertipe non-volatile setelah sebelumnya menggunakan SSD berbasis DRAM dan berbasis Flash.

NAND Flash memiliki protokol khusus untuk penulisan dan pembacaan data. Berbeda dengan DRAM, NAND memory harus diakses dengan satuan diskrit. Satuan kecil penulisan dan pembacaan data adalah page. Page yang telah terisi data tidak bisa langsung ditumpuki dengan
data baru, namun harus dihapus terlebih dahulu. Sedangkan satuan terkecil penghapusan data adalah block, yang biasanya terdiri dari 64 atau 128 page. Hal penting lainnya untuk media yang yang menggunakan NAND flash adalah pengaturan ukuran baca dengan tulis yang tidak simetris.

SSD yang dibuat dengan memori volatile seperti DRAM memiliki pengaksesan data yang sangat cepat, secara umum 0.01 milidetik. SSD terutama digunakan untuk mempercepat aplikasi yang tertahan oleh latency dari Flash SSD atau Hard Disk Drive.

Selain itu, SSD yang menggunakan DRAM lebih murah daripada NAND flash. Namun saat tidak ada aliran listrik, semua data yang tersimpan dalam DRAM akan hilang. Beberapa SSD yang menggunakan DRAM berusaha mengatasi kelemahan ini dengan menambahkan baterai yang dapat diisi ulang dan sistem backup.

KELEBIHAN SSD DIBANDINGKAN DENGAN HDD

Hasil gambar untuk hdd vs ssd

Terdapat cukup banyak kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD, diantaranya sebagai berikut.

1. SSD lebih ringan dan memiliki ukuran fisik yang lebih ramping jika dibandingkan HDD. Ini sudah jelas mengingat HDD merupakan perangkat yang menggunakan piringan berat, sedangkan SSD hanya menggunakan sekumpulan memori yang lebih ringan.

2. Tidak memiliki bunyi bising karena tidak adanya komponen yang bergerak.


3. Performa SSD jauh lebih baik dibandingkan dengan HHD dalam hal kecepatan read dan write.


4. Waktu startup lebih cepat. Sehingga berdampak pada akses data yang lebih tinggi, latency rendah, dan seek time jauh lebih cepat.


5. Lebih hemat daya listrik dibandingkan dengan HDD yang memakan daya listrik yang tinggi.


6. Tahan terhadap guncangan, getaran, dan temperatur yang tinggi. Berbeda dengan HDD, jika HDD tidak sengaja terbanting atau terlempar maka menyebabkan HDD cepat rusak.


7. Karena tidak adanya catu daya, jika SSD digabungkan dengan teknologi Memory Transistor, maka menutup kemungkinan terjadinya hang, blue screen, startup, dan shutdown.

8. Sangat baik untuk editor video, mengingat kecepatannya sudah tidak dapat diragukan lagi.

9. Sangat baik untuk pemrograman 3D


10. Sangat baik untuk bermain game yang berteknologi tinggi, layaknya game AAA.




Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Apa itu SSD ? Serta 10 Kelebihan Dibandingkan HDD"

  1. SSD lebih mahal tapi gan :D
    memang dibalik itu sangat banyak keunggulannya

    BalasHapus
  2. Benar mas, SSD memang banyak keunggulannya jika dibandingkan dengan HDD

    BalasHapus
  3. SSD memang merupakan komponen wajib jika kita ingin merakit pc atau membelinya. Thnks gan

    BalasHapus