Cara Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri Secara Tiba-Tiba

Hasil gambar untuk restart komputer
Source : https://rsinewsupdate.wordpress.com/2017/01/01/%E2%80%8Bkenapa-komputer-perlu-restart/

Pasti anda pernah mengalami komputer yang tiba-tiba restart sendiri secara terus menerus tanpa sebab yang jelas. Tentunya anda jengkel sebab yang tadinya asyik sedang bermain game ataupun ngantor jadi pusing gara-gara ngurusin masalah yang satu ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan komputer sering restart tiba-tiba, yaitu hardware yang mengalami kesalahan, overheat pada komputer, atau bahkan driver yang bermasalah dan mengakibatkan komputer restart secara otomatis.

Tanpa banyak basa basi, pada kali ini saya akan memberikan tipsnya. Simak dengan baik

1. Cek Temperatur Dalam CPU Anda

Ketika CPU anda dipaksa untuk bermain game yang berat atau menjalankan program yang berat, maka pasti CPU anda akan mengalami overheat. Overheat dapat menyebabkan temperatur dala m CPU anda menjadi tidak stabil.

Cara mengatasinya yaitu dengan mendownload software untuk mengecek apakah terjadi overheat pada CPU anda yaitu dengan Speed Fan, Open Hardware Monitor, dan Speccy.

2. Cek Hardware dalam CPU yaitu RAM, VGA, Processor, Harddisk, Fan dan Heatsink

Hardware dalam CPU sangat berpengaruh terhadap kinerja dari komputer. Apabila dipaksa untuk menjalankan program yang berat, maka mereka semua akan 'letih' untuk menjalankan program tersebut. Alhasil, banyak masalah yang ditimbulkan seperti terjadinya blue screen pada komputer, komputer yang sering restart sendiri, atau bahkan komputer tersebut rusak.

Cara mengatasinya adalah kurangi menjalankan program yang berat dalam waktu yang cukup lama dan sering mematikan program yang sering berjalan sendiri pada background agar tidak membebankan komputer anda

Baca Juga :
3. Masalah Driver yang mengakibatkan Restart

Ketika anda baru saja mengupdate driver kemudian windows restart secara tiba-tiba, anda dapat uninstall driver tersebut melalui safe mode. Jika tidak berhasil jangan berkecil hati, anda bisa memilih Roll Back untuk mendapatkan versi lama dari driver tersebut atau anda dapat menginstall ulang driver tersebut dari situs pembuatnya.

Hasil gambar untuk safe mode windows 10
Safe Mode Untuk Windows 10 No.  4

4. Restart Setelah Mengupdate Windows 


Jika komputer anda restart secara terus menerus setelah melakukan update pada windows, anda harus membuka Safe Mode atau buka Advanced Boot Options. Kemudian anda dapat membuka Command Prompt untuk memeriksa error yang telah terjadi, menggunakan System Restore atau Automatic Repair 


Hasil gambar untuk update windows
Mengupdate Windows untuk Windows 10

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer yang Restart Sendiri Secara Tiba-Tiba"

Posting Komentar