7 Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di HP Android Kamu Tanpa Root

Hasil gambar untuk android ngelag saat main game
HP Android Lag Saat Bermain Game


HP kamu sering nge-lag saat bermain game? Bagi kamu yang mempunyai HP dengan spesifikasi yang pas-pasan akan sangat sulit untuk memainkan game di playstore dengan grafik HD dan karakter 3D. 

Faktor utama yang menyebabkan terjadinya lag saat bermain game tentunya karena spesifikasi HP yang tidak mumpuni alias rendah. Selain itu, faktor yang lain yang dapat menyebabkan HP lag saat bermain game adalah banyaknya aplikasi yang diinstal sehingga memakan memori yang cukup besar, HP yang panas, dan cache yang menumpuk pada HP.

Kendati demikian, melakukan root pada android bukan merupakan cara satu-satunya untuk mengatasi HP yang lag. Dengan root, memang dapat membuat peningkatan performa pada android, namun jika melakukan root akan memberikan bahaya bagi android kamu.

Baca Juga : Sebelum Root Android Kamu Harus Tahu Keuntungan dan Kerugian Root Android

Berikut ini saya akan membagikan Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di HP Android Kamu (Tanpa Root)


1. Bersihkan Cache

Hasil gambar untuk cache android 

Cache memang penting pada Android kamu karena dapat mempercepat untuk membuka suatu aplikasi dalam smartphone. Akan tetapi, untuk kasus yang lain cache dapat membebankan penyimpanan pada smartphone kamu. Normalnya, pada suatu aplikasi dapat menjaga cache-nya agar tidak bertambah besar, tetapi ada aplikasi yang tidak berjalan secara normal sehingga mengakibatkan cache bertambah besar dan menumpuk. Menghapus cache merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi beban smartphone, terutama untuk smartphone yang memiliki kapasistas penyimpanan yang pas-pasan.

2. Hapus File yang Tidak Diperlukan

File yang tidak diperlukan hanya akan menambah beban pada HP kamu. Kamu dapat mengecek file yang tidak diperlukan ini di File Storage. Di sana kamu dapat membuang file yang tidak diperlukan agar dapat meringankan HP kamu

Baca Juga :



3. Gunakan Aplikasi Booster

Hasil gambar untuk aplikasi booster

Umumnya, aplikasi booster ini tersedia di beberapa vendor smartphone. Aplikasi booster ini bermanfaat untuk mempercepat ponsel kamu agar dapat berjalan secara maksimal. Bagi kamu yang tidak mempunyai aplikasi booster bawaan, kamu dapat menginstallnya dari Google Play Store. Google Play Store menyediakan berbagai macam aplikasi booster seperti, Game Booster, Wisegame Booster, atau semacamnya.


4. Matikan Aplikasi Yang Berjalan di Background

Hasil gambar untuk aplikasi yang aktif di background android


Cukup banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal ini dapat mempercepat kinerja dari smartphone anda. Aplikasi yang berjalan pada background ini dapat membuat lag pada saat kamu bermain game. Untuk itu diwajibkan agar mematikan aplikasi yang berjalan pada background agar kamu nyaman saat bermain game

5. Jangan Charging Saat Bermain Game

Hasil gambar untuk charging saat bermain game android


Banyak orang yang tidak tahu hal ini. Jangan sekali-kali kamu mencharge smatphone sambil bermain game. Tentu bukan tanpa alasan. Karena hawa panas yang timbul akan membuat lag pada saat bermain game, lebih parahnya lagi, semakin sering anda mencharge smartphone sambil bermain game akan membuat baterai smartphone anda menjadi kembung dan mengakibatkan smartphone kamu cepat rusak.

6. Gunakan Jaringan 4G atau Wifi Yang Stabil 


Hasil gambar untuk jaringan 4g

Ini yang sering jadi masalah bagi para gamer yang mengeluhkan lag pada saat bermain game online. Coba periksa jaringan kamu apakah sudah tersambung dengan baik, dan saya sarankan untuk menggunakan teknologi 4G agar lebih cepat atau menggunakan jaringan Wi-Fi yang stabil.

7. Ganti HP Baru (Rekomendasi)

Hasil gambar untuk hp baru

Saya sarankan untuk mengganti HP yang lama dengan HP yang baru apabila semua solusi di atas tidak dapat berfungsi. Pilihlah smartphone di kisaran harga 2 juta - 3 juta karena dengan kisaran tersebut sudah sesuai dengan standar game jaman sekarang

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di HP Android Kamu Tanpa Root"

  1. Memang mantap blog agan. Semua masalah saya tentang lag android sudah dapat teratasi. The best lah. Keep on doing it

    BalasHapus