Resensi Buku Non Fiksi (Akuntansi Keuangan Kelas 12 SMK)

 Halo semuanya...

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan contoh resensi dari buku Akuntansi Keuangan kelas 12 SMK yang saya miliki dan menjadi patokan dan referensi dalam pelajaran akuntansi keuangan di SMK Pelita IV.



IDENTITAS BUKU :

Judul Buku          : Akuntansi Keuangan
Penulis Buku       : Toto Sucipto
Penerbit Buku     : Yudhistira
Editor Buku         : Erickasman Gafar
Desain Isi            : Yohan & Uka Sofyan
ISBN                   : 978-602-445-464-7
Kategori Buku     : Pendidikan (Non Fiksi)
Jumlah Halaman : 174 halaman
Tebal Buku          : 0,8 cm
Ukuran Buku       : 26,5 cm x 20 cm
Tahun Terbit        : 2019 

SINOPSIS BUKU AKUNTANSI KEUANGAN

    Sekarang ini, peran akuntansi sebagai alat pembantu dalam mengambil keputusan-keputusan keuangan baik itu dalam pengambilan keputusan internal maupun eksternal semakin besar. Perkembangan akuntansi sejalan dengan perkembangan dalam bidang perekonomian. Oleh karena itu, tenaga akuntansi sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan perekonomian, baik itu di dalam UMKM, UKM, maupun pemerintahan. Hal inilah yang ditekankan dalam buku akuntansi keuangan karangan Toto Sucipto.

    Di dalam buku ini, dijelaskan dengan rinci mengenai materi akuntansi keuangan untuk diterapkan di dunia kerja nanti. Buku ini terdiri atas 5 bagian, dilengkapi dengan bab-bab yang berbeda dengan tujuan yang berbeda juga. Bab pertama dalam buku ini berjudul "Pengelolaan Kas". Bab pertama menjelaskan tentang analisa dan pengelolaan dana kas baik diperusahaan maupun dibank. Bab kedua dalam buku ini berjudul "Aset Tetap". Bab kedua menjelaskan tentang pencatatan aset tetap, aset tetap tidak berwujud, penyusutan aset tetap, deplesi, dan pengambilan keputusan dalam pengembangan maupun penghentian aset tetap. Bab ketiga dalam buku ini berjudul "Liabilitas". Bab ketiga lebih memfokuskan utang jangka panjang secara spesifik, yaitu utang wesel jangka panjang dan utang obligasi. Bab keempat dalam buku ini berjudul "Penjualan Konsinyasi". Bab keempat menjelaskan tentang analisa dan pencatatan penjualan konsinyasi pada perusahaan dagang. Bab kelima dalam buku ini berjudul "Ekuitas". Bab kelima menjelaskan mengenai bentuk usaha di Indonesia dan bentuk penyertaan modalnya yang terdiri dari perorangan, firma, PT, CV, dan koperasi.

KEUNGGULAN BUKU

    Buku ini dilengkapi dengan contoh soal dan perhitungannya sehingga dapat memudahkan kita dalam mempraktekkan secara langsung bagaimana cara kerja dari sesuatu yang dibahas. Buku ini cocok bagi pemula yang ingin mempelajari secara detail mengenai akuntansi keuangan karena struktur penulisan dan pemilihan diksinya sangat informatif. Buku ini menyediakan latihan soal dengan tujuan melatih skill dan bahan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Buku ini juga cocok untuk diterapkan di dunia kerja nanti. Keunggulan lain dari buku akuntansi keuangan ini antara lain didesain secara sistematis dengan substansi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh guru, peserta didik, dan wirausahawan.

KEKURANGAN BUKU

    Sayangnya, buku ini memiliki beberapa kelemahan yang wajib diketahui. Di dalam buku ini sering terjadi kesalahan perhitungan sehingga perlu ketelitian dalam memperhatikan materi. Disarankan mempunyai guru pembimbing agar dapat mengetahui kesalahan dalam perhitungan dan memperbaikinya. Selain itu, buku ini kurang menarik dari segi desainnya sehingga terkesan biasa saja ketika pertama kali melihatnya.

Cukup sekian pembahasan dari saya mengenai resensi buku Akuntansi Keuangan Kelas 12 SMK. Saya harap melalui artikel ini pemahaman sobat akan resensi buku non fiksi semakin bertambah. Semoga resensi di atas dapat menambah wawasan sobat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resensi Buku Non Fiksi (Akuntansi Keuangan Kelas 12 SMK)"

Posting Komentar