Apa Itu Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit Serta Apa Perbedaan Diantara Keduanya

Hasil gambar untuk 32 bit dan 64 bit
Apa itu Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Kamu pasti pernah mendengar apa itu 32-bit dan 64-bit pada sebuah sistem operasi tapi kamu tidak tau apa artinya itu. Kamu tentunya bertanya - tanya apa sih perbedaan dari keduanya itu dan mana yang lebih bagus 32-bit atau 64-bit. Maka dari itu saya akan memberikan penjelasan mengenai sistem operasi 32-bit dan 64-bit

Sebelum itu, saya akan membahas istilah dari ''bit'' itu sendiri. Bit merupakan sebuah satuan data. Istilah ''32-bit'' atau ''64-bit'' merupakan satuan angka yang dikelola oleh kemampuan processor dalam mengolah data.  

Komputer 32-bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu, sedangkan komputer 64-bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu. Jadi komputer yang memiliki 64-bit merupakan komputer yang memiliki kemampuan memproses data lebih cepat dari pada 32-bit. 

Komputer 32-bit sering ditulis ''32-bit'' atau juga ''x86'', sedangkan komputer 64-bit sering ditulis ''64-bit'' atau juga ''x64''.

Sejarah Perkembangan Bit

Seiring dengan perkembangan komputer di dunia, perkembangan bit juga mengalami kenaikan. Dahulu, komputer hanya mempunyai 4-bit, tetapi lama kelamaan bit mulai mengalami kenaikan hingga 32-bit. Dan pada akhir tahun 2008, mulai ada komputer yang dapat memproses data hingga 64-bit.

Perbedaan antara Sistem Operasi 32-bit dengan 64-bit

1.Dari Segi Penggunaan RAM atau Random Access Memory

- Pada sistem operasi 32-bit, hanya dapat menggunakan RAM yang kapasitasnya maksimal 4 GB. RAM diantara 1GB sampai 2GB Dapat berjalan dengan optimal. Sayang sekali jika kamu mempunyai RAM 8GB tetapi komputer 32-bit, maka hanya akan terbaca 4 GB di komputermu.
- Pada sistem operasi 64-bit, kamu dapat menggunakan RAM yang lebih besar dibandingkan dengan sistem operasi 32-bit. Sistem operasi 64-bit sangat cocok digunakan oleh seorang yang menekuni dunia gaming, editing, rendering, bahkan animasi 3D karena sistem operasi 64-bit memiliki kapasitas maksimal RAM yaitu 192 GB. 

2. Kecepatan Memproses Data

Sistem operasi 64-bit mempunyai kecepatan pemrosesan data lebih cepat dibandingkan 32-bit karena sistem operasi 64-bit memiliki fitur patchguard, yang dapat mencegah dan melindungi malware atau virus yang mencoba mengganggu kinerja dari komputer dengan merubah sistem kernel pada komputer.

3. Kompatibilitas Software

Sistem Operasi 32-bit tidak akan menjalankan software yang mendukung sistem operasi 64-bit demikian juga sebaliknya karena sistem operasi 32-bit maupun 64-bit memiliki kompatibilitas software.













Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit Serta Apa Perbedaan Diantara Keduanya"

Posting Komentar