Mengenal Teknologi 5G, Cara Kerjanya, Beserta Keunggulannya


Teknologi 5G
Teknologi 5G, Doc : suara.com







Halo kembali lagi bersama saya setelah cukup lama tidak meng-upload artikel terbaru. Kali ini saya akan membahas mengenai teknologi 5G. Mungkin banyak dari anda yang tidak tahu kabar dari teknologi 5G ini.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi juga akan semakin berkembang. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi, maka itu akan membuat manusia semakin maju dalam penemuannya. 

Oleh karena itu, saya akan membahas secara lengkap tentang teknologi 5G. Apa itu teknologi 5G ? Bagaimana cara kerja teknologi 5G ? Apa saja keunggulan teknologi 5G ? Dan kapan 5G resmi diluncurkan ?

#1 Apa itu teknologi 5G ?

Sesuai dengan namanya, 5G ( fifth generation ) adalah generasi kelima yang merupakan fase kelanjutan dari standar komunikasi seluler generasi sebelumnya yang melebihi 4G ( fourth generation ).

#2 Mengapa Teknologi 5G Diciptakan?

Teknologi 5G dibuat tentunya bukan tanpa alasan. Dengan adanya teknologi 5G, maka akan mendongkrak kemajuan jaman yang signifikan. Selain itu, dengan hadirnya 5G diperkirakan dapat mengatasi masalah kecepatan jaringan seluler yang kita gunakan saat ini ( 2019 ) yaitu 4G. 

Banyak orang yang mengeluhkan masalah jaringan seluler 4G yang buruk, terutama di desa - desa tertinggal di Indonesia. Masalahnya di Indonesia sendiri, jaringan 4G sudah mencangkup 74% ( maaf kalau salah ) di seluruh wilayah Indonesia. Itupun rata - rata di kota besar di Indonesia.

Berbeda dengan negara maju, orang - orang di negara yang sudah maju membutuhkan teknologi 5G untuk menunjang penemuan - penemuan yang akan mereka buat, serta pemenuhan kebutuhan mereka seperti bekerja, bepergian, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

#3 Bagaimana Cara Kerja Teknologi 5G ?

Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi, dan mobile data. Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU). ITU telah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G.

#4 Apa Saja Keunggulan Teknologi 5G ?

Karena teknologi 5G belum resmi diluncurkan, jadi keunggulannya belum dapat dipastikan. Dilansir dari Wikipedia, berikut adalah keunggulan yang didapat dari teknologi 5G
  1. Perubahan kecepatan data yang signifikan jika dibandingkan dengan 4G
  2. Transfer data dari satu telepon ke telepon lain sangat cepat sampai satu milidetik
  3. Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan beragam alat rumah tangga lainnya
  4. Mendukung kemajuan di berbagai bidang, contohnya bidang teknologi, komunikasi, dan lainnya.

#5 Kapan Teknologi 5G Resmi Diluncurkan ?

Berdasarkan pada kongres Mobile World Congress (MWC) yang dihadiri oleh Nokia, Huawei, dan Ericsson di Barcelona, teknologi 5G masih belum dapat dipastikan tanggal rilisnya karena masih dalam tahap pengembangan. Namun, Nokia dan operator Jepang NTT DoComo berasumsi bahwa teknologi 5G akan dirilis pada Tokyo Olympics tahun 2020.
Di Korea Selatan, teknologi 5G ini sedang dikembangkan dan diprediksi kecepatan maksimalnya dapat mencapai 100 kali lebih cepat dibanding teknologi 4G, atau lebih tepatnya 10Gbps (10 Giga bit per detik). Rencananya, jaringan 5G akan mulai diterapkan di Korea Selatan pada tahun 2017 dan baru dapat digunakan secara komersial pada tahun 2020.
AT&T yang merupakan salah satu operator jaringan seluler di amerika serikat yang akan mencoba teknologi terbaru ini di Kota Austin dan Indianapolis yang berada di Amerika Serikat, saat melakukan uji coba teknologi 5G, AT&T akan menetapkan kecepatan 400Mbps dan kabarkan akan beroperasi di Amerika Serikat pada tahun 2018. Dan kabarnya juga Indonesia akan menggunakan teknologi ini pada tahun 2020.

#6 Penutup
Demikian artikel yang dapat saya bagikan kepada anda semua. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang besar. Apabila ada yang mau ditanyakan, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah. Terima Kasih
Referensi : Wikipedia












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Teknologi 5G, Cara Kerjanya, Beserta Keunggulannya"

Posting Komentar